Artikel Dedicated server

            ARTIKEL DEDICATED SERVER

Nama : siti nur halisah 
Kelas : XII tkj 3
No.absen : 33

Dasar-Dasar Dedicated Hosting Server
    
   ※Identifikasi Dedicated Server
Layanan Hosting khususnya menawarkan ruang dan bandwidth untuk host website di server. Dedicated server tersedia di Unix/ Linux atau server Windows dengan kinerja dan keamanan yang lebih tinggi. Layanan dedicated server pada dasarnya digunakan untuk mengelola dan memelihara server, backup data, memonitor lalu lintas server, mengakses dukungan teknis, dan meningkatkan rencana sebagai perubahan kebutuhan. Selain itu, dedicated server menyediakan layanan hosting yang kuat, dapat diandalkan, dan aman. Dalam hal ini, user akan memiliki ruang yang cukup disk dan bandwidth sangat besar, lalu lintas tinggi, atau situs-situs mission-critical yang umumnya dibutuhkan oleh perusahaan besar, organisasi data berat, dan komunikasi online aktif. Dedicated server memiliki kemampuan lebih besar untuk menginstall dan menjalankan aplikasi piranti lunak sehingga bisa menerima banyak ruang dan alat-alat sederhana untuk operasional. Dedicated server sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan layanan yang sangat baik. Dengan menempatkan sebuah website di dedicated server hosting, kemungkinan menghadapi masalah yang berkaitan dengan offline atau downtime akan berkurang drastis.
Prosedur Memilih Dedicated Server
Beberapa aspek / parameter yang perlu diperhatikan dalam memilih dedicated server di antaranya sebagai berikut.
 °Aspek harga (price)
Harga menjadi salah satu faktor penting yang selalu menjadi aspek pertimbangan dengan tanpa mengesampingkan kualitas. Harga mahal bukan menjadi indikator kualitas sebuah layanan dan harga murah juga tidak selalu berujung faktor murahan. Pilihan penyedia hosting yang menawarkan harga terbaik dengan mutu layanan sudah teruji.
Aspek spesifikasi server
Beberapa penyedia layanan dedicated hosting telah mengaplikasikan teknologi Clouds VPS Parallel untuk server yang digunakan dalam melakukan kustomasi modul server menggunakan dukungan cPanel. Oleh sebab itu, sebelum melihat lebih jauh tentang spesifikasi pendukung dedicated hosting, harus memastikan bahwa spesifikasi server yang digunakan berbeda dengan layanan shared hosting biasa. Mestinya harus mampu mengoptimalkan performa website.

※Spesifikasi server unggulan

  °Aspek kapasitas memori
Memory yang mendukung website mampu memberikan performa terbaik ketika memilih layanan hosting untuk website. Kecepatan akses merupakan salah satu aspek terpenting yang pastinya tidak bisa ditawar-tawar. Jika perlu menganalisa terlebih dulu penyedia hosting dengan memastikan memberikan RAM yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan website.
  °Aspek / faktor keamanan
Mempertimbangkan keamanan data website yang disediakan oleh provider menjadi suatu keharusan dalam memilih dedicated hosting. Dengan tingkat keamanan layanan dedicated hosting yang tinggi, terlebih lagi jika berupa website e-Commerce yang memiliki banyak data penting. Untuk menghindari kerugian, penyedia dedicated hosting dapat memberian jaminan berupa hardware dan software berlisensi untuk keamanannya.
  °Aspek dukungan teknis
Pada dasarnya, pengguna dedicated hosting adalah pada user yang memiliki website kelas premium, sehingga cocok untuk mendapatkan prioritas pelayanan. Tentukan pilihan pada penyedia dedicated hosting yang siap memberikan dukungan teknis terbaik. Mestinya mereka menawarkan berbagai macam sarana komunikasi untuk membantu mengatasi setiap masalah tata-kelola dedicated hosting yang dihadapi.

●Permasalahan dalam Pemilihan Hosting
Ada waktu dimana sebuah website tidak lagi bisa dilayani oleh shared hosting biasa, sementara untuk sewa/ memiliki server sendiri pemilik website tidak memiliki kompetensi dalam pengelolaan server. Secara mendasar web hosting merupakan salah satu faktor penentu perkembangan dan kesuksesan website yang dimiliki user. Banyak pemilik website direpotkan dengan hal teknis seperti installasi dan konfigurasi server, belum lagi dengan troubleshooting yang harus dilakukan terkait kinerja server. Namun faktanya, hosting bukan sebatas sebagai brankas file website, tetapi lebih pada penentuan performa website dalam berbagai kondisi, khususnya di saat menghadapi lonjakan traffic yang signifikan. Oleh sebab itu, dibutuhkan layanan hosting berkualitas untuk mengoptimalkan performa website. Tanpa hal tersebut, sebuah website tidak akan bisa berkembang sesuai espekstasi meskipun sudah melakukan banyak hal. Secara teori, hosting juga berpengaruh terhadap SEO seperti website lambat, server down, dan roll-back content sangat berdampak terhadap kualitas SEO suatu website, dimana hal tersebut disebabkan oleh layanan hosting yang tidak bermutu.

●PENGERTIAN DEDICATED SERVER
Dedicated Server Indonesia Merupakan salah satu layanan penyimpanan server yang akses keseluruhan.

●Apa kelebihan dedicated server?

Akses penuh, itulah kelebihan utamanya. Anda bisa menentukan sistem operasi, spesifikasi hardware server, dan pengaturan-pengaturan lain yang biasanya dibatasi pada tipe hosting yang lain.
● Apa kekurangan dedicated server?
Hampir tidak ada, kecuali bahwa harganya relatif mahal. Cukup sepadanlah dengan segala ‘kuasa’ yang anda dapatkan. Selain itu, butuh pengguna yang tidak gagap untuk mengelolanya. Semua masalah yang berkait dengan website anda, harus ditangani sendiri. Ini kadang diperlukan, karena data yang bersifat rahasia atau terlalu sensitif untuk ditangani orang luar.
Jenis Layanan Dedicated Server
Layanan ini bersifat unmanaged, dukungan teknis diberikan sampai pada tatanan jaringan dan hardware, kami hanya melakukan instalasi dan konfigurasi awal sesuai dengan permintaan an

 ★Latihan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1. Mengapa dedicated server memiliki performa dan privasi yang lebih baik ? Jelaskan !
2. Terangkan yang Anda ketahui tentang spesifikasi server dalam memilih dedicated server !
3. Tuliskan hubungan antara dedicated server dengan server pribadi !
4. Jelaskan yang Anda ketahui tentang fungsi-fungsi dari layanan dedicated server !
5. Jabarkan tentang dukungan teknis dalam memilih dedicated server !

JAWABAN

Jawaban:

1.Dedicated Hosting adalah layanan           hosting di mana sebuah server yang   dipakai oleh 1 account (atau 1 website,   1 pelanggan) saja. Keuntungannya   adalah performa dan privasi yang lebih   baik, karena server tidak dipakai oleh   pihak ketiga.

2.Sebelum melihat lebih jauh tentang   spesifikasi pendukung dedicated hosting,   penting bagi Anda untuk memastikan bahwa   spesifikasi server yang akan digunakan   berbeda dengan layanan shared hosting   biasa. Mestinya harus   mampu mengoptimalkan performa website   Anda. Beberapa penyedia layanan dedicated   hosting telah mengaplikasikan teknologi   Cloud VPS Parallel untuk server yang   digunakan. Teknologi ini memungkinkan   Anda untuk melakukan kustomisasi modul   server dengan dukungan cPanel.

3. Sama sama menyediakan untuk client komputer

4. Menjalankan perangkat lunak NOS, dan WorkStation. Menjalankan program kecil yang berfungsi untuk sistem operasi WorkStation atau ke Server

5. Memiliki spesifikasi yang bagus, memiliki tingkat keamanan untuk Hardware, dan Software yang bagus

Komentar

Posting Komentar